/Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Hadirkan Pentacity Hotel Sambut IKN Nusantara
Dok. BSBK
Dok. BSBK

Wulandari Bangun Laksana (BSBK) Hadirkan Pentacity Hotel Sambut IKN Nusantara

PT. Wulandari Bangun Laksana Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang properti dan real estate dengan kode saham BSBK ini mengembangkan kawasan Balikpapan Super Block atau BSB yang semakin diminati oleh berbagai kalangan, baik untuk hunian maupun investasi.

Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah dengan menyelesaikan pembangunan Pentacity Hotel guna menyambut kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

Pentacity Hotel terletak di Kawasan Balikpapan Super Block (BSB) yang terdiri dari 2 pusat perbelanjaan terbaik di Kota Balikpapan yaitu E-Walk & Pentacity Shopping Venue

Pentacity Hotel merupakan hotel terbaru yang diluncurkan BSBK pada Kamis, 8 Desember 2022. Hotel ini memiliki jumlah kamar sebanyak 176 unit yang menawarkan pemandangan laut terbaik di kota Balikpapan.

Selain itu, Hotel ini juga dilengkapi fasilitas layaknya Hotel Bintang 4 yang berbeda dan juga unik seperti Marquee On 7. Fasilitas tersebut merupakan Beach Club pertama di Kalimantan Timur yang berada di lantai 7 Pentacity Hotel dengan dilengkapi wedding chappel dan sunken bar serta Lagoon Grill Restaurant.

Kehadiran Pentacity Hotel ini akan menambah jumlah hotel yang telah ada yaitu hotel bintang 5 Grand Jatra Hotel Balikpapan, hotel bintang 4 Astara Hotel, dan hotel bintang 2 J-Icon sehingga kamar yang berada di kawasan Balikpapan Superblock menjadi 782 kamar.

Dari 3 hotel tersebut, dua diantaranya yakni Grand Jatra Hotel dan Astara Hotel mencatatkan pertumbuhan occupancy rate yang positif.

Grand Jatra Hotel mencatat pertumbuhan occupancy rate mencapai 78,12 persen pada kuartal III/2022 dari yang sebelumnya hanya sebesar 53,69 persen pada kuartal III/2021.

Hotel dengan jumlah kamar sebanyak 215 unit ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, gym, spa, Belagio Restaurant, J.Cuve lounge Bar, Ballroom dan Meeting Room dengan kapasitas hingga 375 pax.

Adapun Astara Hotel yang juga mencatatkan pertumbuhan occupancy rate mencapai 53,69 persen pada kuartal III/2022 dari yang sebelumnya hanya sebesar 31,43 persen di kuartal III/ 2021.

Hotel dengan jumlah kamar sebanyak 346 unit ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Aquaboom yakni waterpark terbesar di Balikpapan. Kemudian AQVA Restaurant dan Palm Bar & Lounge serta meeting room sebanyak 5 unit dengan kapasitas ruang masing-masing 125 pax.

Peningkatan occupancy rate kedua hotel ini didorong oleh beberapa faktor antara lain penurunan angka COVID-19 di Kota Balikpapan dan pembangunan IKN Nusantara yang berjarak dekat dengan kota Balikpapan.

Berdasarkan Competitor Report Data yang dirilis masing-masing hotel, kompetitor per tanggal 30 November 2022 menunjukan bahwa Grand Jatra Hotel berada di peringkat pertama dan Astara Hotel berada di peringkat kedua dari keseluruhan hotel berbintang di Balikpapan.

Perseroan meyakini bahwa kehadiran Pentacity Hotel dapat meningkatkan jumlah tamu yang akan menggunakan fasilitas kamar dan fasilitas lainnya. Sehingga hal ini dipercaya dapat memberikan multiplier effect bagi para pelaku usaha, karyawan dan pengunjung Balikpapan Superblok untuk meningkatkan kinerja Perseroan.