/Arsy Buana Travelindo (HAJJ) Resmi Melantai di BEI

Arsy Buana Travelindo (HAJJ) Resmi Melantai di BEI

PT Arsy Buana Travelindo Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia akomodasi untuk perjalanan wisata religius bagi jemaah ibadah umrah ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 5 April 2023.

Arsy Buana Travelindo berhasil mencatatkan (listing) perdana sahamnya di papan akselerasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham HAJJ dan menjadi perusahaan tercatat ke – 29 di BEI pada tahun 2023.

Perihal adanya pencatatan saham ini diumumkan oleh Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetnam dalam acara “Seremoni Pencatatan Perdana Saham HAJJ” yang disiarkan secara virtual melalui kanal youtube Indonesia Stock Exchange pada Rabu, 5 April 2023.          

Sebelum listing saham perdananya di BEI, HAJJ telah melaksanakan masa penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) yang berlangsung dari 28 Maret sampai dengan 3 April 2023. 

Selama masa IPO tersebut, Saham HAJJ kabarnya tercatat mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) sebesar 33,14 kali yang dimana hal ini menunjukkan bentuk kepercayaan investor terhadap kondisi usaha perusahaan, serta keyakinan atas potensi pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Dalam IPO tersebut, HAJJ diketahui menetapkan harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar 140 per saham dengan melepas sebanyak 687,1 juta saham baru atau setara 29,998% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp30 per saham.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, HAJJ berhasil meraup dana segar dari IPO ini sebesar Rp96,194 miliar.

Rencananya seluruh dana IPO yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui penawaran umum perdana saham ini :

– Sekitar 60% akan digunakan untuk reservasi tiket pesawat

– Dan sisanya sekitar 40% akan digunakan oleh perusahaan untuk reservasi slot kamar hotel.

Adapun untuk mendukung penawaran umum perdana sahamnya ini,  HAJJ menunjuk PT Surya Fajar Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering).

Pada perdagangan saham perdananya, hasil pemantauan InfoBEI.com melaporkan saham berkode HAJJ ini dibuka naik 13 poin atau sebesar 9,29 persen ke posisi Rp153 per saham dari harga penawaran sebesar Rp140 per saham.

Sekilas informasi dari laman resmi perusahaan , PT Arsy Buana Travelindo Tbk merupakan biro perjalanan wisata yang berdiri tahun 2016. Layanan yang diberikan antara lain Kamar hotel, land arrangement dan tiket pesawat.