/Platinum Wahab Nusantara (TGUK) Resmi Melantai di BEI, Sahamnya Dibuka Melesat 34,5%
Dok. YT Idx Stock Exchange
Dok. YT Idx Stock Exchange

Platinum Wahab Nusantara (TGUK) Resmi Melantai di BEI, Sahamnya Dibuka Melesat 34,5%

PT Platinum Wahab Nusantara Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Kedai Makanan dan Minuman ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini tepatnya Senin, 10 Juli 2023.

Platinum Wahab Nusantara berhasil mencatatkan (listing) perdana sahamnya di papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TGUK dan menjadi perusahaan tercatat ke – 48 di BEI pada tahun ini atau 2023.

Perihal adanya pencatatan saham ini diumumkan oleh Direktur PT Bursa Efek Indonesia Sunandar dalam acara “Seremoni Pencatatan Perdana Saham CRSN, GRPM, TGUK, & WIDI” yang disiarkan secara virtual melalui kanal youtube Indonesia Stock Exchange pada Senin, 10 Juli 2023.

Sebelum listing saham perdananya di BEI, TGUK telah melaksanakan masa penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) yang berlangsung dari 4 Juli sampai dengan 6 Juli 2023.

Dalam IPO tersebut, TGUK menetapkan harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar Rp110 per saham dengan melepas sebanyak 1,07 miliar saham biasa atau setara 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp16 per saham.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, TGUK berhasil meraup dana segar dari IPO ini sebesar Rp117,85 miliar.

Rencananya seluruh dana IPO yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui penawaran umum perdana saham ini :

– Sebesar 60% akan digunakan untuk belanja modal (capital expenditure) yaitu pengembangan gerai dan penambahan gerai.

– Dan sisanya sekitar 40% akan digunakan untuk modal kerja (working capital) Perseroan.

Adapun untuk mendukung proses IPO tersebut rupanya TGUK menunjuk PT Semesta Indovest Sekuritas Sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO/Initial Public Offering).

Pada perdagangan saham perdananya, hasil pemantauan InfoBEI.com melaporkan saham berkode TGUK ini dibuka melesat 38 poin atau sebesar 34,55 persen ke posisi Rp148 per saham dari harga penawaran perdana sebesar Rp110 per saham.

Sebagai informasi, PT Platinum Wahab Nusantara Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kedai makanan dan minuman.

Perusahaan pengelola kedai bermerek Teguk ini telah beroperasi sejak tahun 2018 dengan berbagai menu varian makanan.

Adapun produk Teguk telah memperoleh sertifikat Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika – Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) dengan nomor LPPOM-00160143770322 tertanggal 16 Maret 2022 dengan kategori A atau sangat baik.