/PT Timah Tbk (TINS) Salurkan Anggaran CSR Senilai Rp31,79 miliar pada Tahun 2023
Dok. PT Timah Tbk
Dok. PT Timah Tbk

PT Timah Tbk (TINS) Salurkan Anggaran CSR Senilai Rp31,79 miliar pada Tahun 2023

PT Timah Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan timah dengan kode saham TINS ini dikabarkan telah menggelontorkan anggaran senilai Rp 31,79 miliar untuk program Corporate Social And Responsibility (CSR) pada tahun 2023.

Hal ini disampaikan oleh Perseroan melalui unggahan akun instagram resminya @officialtimah yang tayang pada Selasa, 7 Mei 2024.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Abdullah Umar menjelaskan bahwa program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini merupakan salah satu komitmen PT Timah untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Program CSR TINS difokuskan ke dalam berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, pelestarian adat dan budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi komunitas bagi masyarakat di wilayah operasional.

Di sektor pendidikan, TINS meluncurkan sejumlah program CSR di antaranya yaitu

  • Program Timah Mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru atau pengajar di wilayah operasional perusahaan.
  • Program Pondok Pesantren Pemali untuk memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat di lingkar tambang untuk jenjang SMA yang dilaksanakan di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka.
  • Program literasi guru
  • Program ERG tanggap bencana.

Program – program CSR tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat di sekitarnya.

Sementara di sektor kesehatan, program CSR yang dilaksanakan TINS di antaranya yaitu perbaikan infrastruktur dan sosial, Oto Sihat atau Mobil Sehat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di lingkar tambang dan program stunting atau Kemunting untuk memberikan edukasi tentang pencegahan dan penanganan stunting bagi pelajar dan ibu hamil serta masyarakat di lingkar tambang.

Selain di sektor pendidikan dan kesehatan, PT Timah dalam sektor pelestarian adat dan budaya juga melakukan peningkatan kapasitas masyarakat adat Lom serta memberikan dukungan dalam pelestarian adat dan budaya lokal di wilayah operasionalnya.

Mengutip informasi dari laman timah.com, Program-program tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk melaksanakan CSR yang berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat secara holistik sehingga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Komitmen PT Timah yang konsisten dalam melaksanakan program CSR merupakan upaya perusahaan untuk membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat di lingkar tambang.

Sebagai informasi, penyaluran dana CSR PT Timah terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini membuktikan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan prioritas utama PT Timah dalam operasinya.

Berikut data penyaluran CSR PT Timah dari tahun ke tahun :

  • Jumlah Anggaran Program CSR Tahun 2020 : Rp59,58 miliar
  • Jumlah Anggaran Program CSR Tahun 2021 : Rp54,30 miliar
  • Jumlah Anggaran Program CSR Tahun 2022 : Rp33,15 miliar
  • Jumlah Anggaran Program CSR Tahun 2023 : Rp31,79 miliar