/Rukun Raharja (RAJA) Raih Kontrak Baru di Bisnis Hilir Migas
Dok. RAJA
Dok. RAJA

Rukun Raharja (RAJA) Raih Kontrak Baru di Bisnis Hilir Migas

Emiten migas milik Happy Hapsoro PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) melalui anak usahanya yakni PT Triguna Internusa Pratama belum lama ini dikabarkan telah menandatangani perjanjian jasa penyediaan sewa booster compression plant bersama dengan Energy Equity Epic Pty. Ltd.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman bisnis.com, Perjanjian yang telah ditandatangani pada 11 Oktober 2024 lalu tersebut berkaitan dengan rencana pengembangan Kampung Baru di Blok Sengkang.

Corporate Secretary RAJA Yuni Pattinasarani menjelaskan bahwa kerja sama ini nantinya akan menambah portofolio perseroan di bidang usaha investasi hilir migas di dalam negeri.

Dan bahkan, dinilai berpotensi mengerek pendapatan dan laba RAJA ke depannya serta memperkuat peluang atas potensi-potensi usaha pendukung hilir migas yang dimiliki perseroan, seperti kontruksi, pengoperasian dan pemeliharaan infrastrutkur migas.

Mengutip laporan keuangan terakhir yang dirilis perseroan per Juni 2024, RAJA membukukan pendapatan senilai US$123,51 juta atau setara dengan Rp2,02 triliun (kurs per 30 Juni Rp16.241 per dolar AS). Raihan pendapatan tersebut meningkat sebesar 67,16% secara tahunan. 

Direktur Utama RAJA Djauhar Maulidi menjelaskan bahwa kinerja pendapatan ini didorong oleh peningkatan penjualan gas dan tarif transmisi dari jaringan pipa perseroan di Perawang, Riau.

Selain itu, Capaian pendapatan RAJA juga dikontribusikan dari Stasiun Induk Compressed Natural Gas (CNG) di Grobogan, Jawa Tengah, yang telah beroperasi sejak Desember 2023.

Di tengah kenaikan pendapatan, beban pokok perusahaan pun ikut meningkat sebesar 67,49% secara year on year (YoY) menjadi US$87,57 juta.

Hal ini membuat RAJA membukukan laba kotor sebesar US$35,93 juta pada semester I/2024, atau tumbuh 66,35% secara tahunan. 

Dan setelah diakumulasikan dengan pendapatan dan beban lainnya, RAJA tercatat berhasil meraih laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$14,29 juta atau setara dengan Rp234,74 miliar.

Adapun perolehan laba bersih ini terpantau naik sebesar 55,35% dari yang sebelumnya sebesar US$9,2 juta pada periode yang sama di tahun 2023.

Sebagai informasi, PT. Rukun Raharja Tbk (RAJA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau jasa distribusi gas bumi dengan operasi bisnis yang dimulai pada bulan Februari 2012.

RAJA rencananya akan meningkatkan ekspansi di sektor midstream dan downstream menjelang akhir tahun 2024 mendatang.

Salah satu fokus utama RAJA adalah pengembangan infrastruktur minyak dan gas, termasuk fasilitas pemrosesan, terminal dan penyimpanan, serta distribusi yang diharapkan mampu memperkuat rantai pasok energi nasional, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam mencapai ketahanan energi.