/Logisticsplus International (LOPI) Resmi Melantai di BEI
Dok. YT IDX Stock Exchange
Dok. YT IDX Stock Exchange

Logisticsplus International (LOPI) Resmi Melantai di BEI

PT Logisticsplus International Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi (Freight Forwarding) yang melayani pasar domestik dan luar negeri ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini tepatnya Rabu, 11 Oktober 2023.

Logisticsplus International berhasil mencatatkan (listing) perdana sahamnya di papan akselerasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham LOPI dan menjadi perusahaan tercatat ke – 73 di BEI pada tahun ini atau 2023.

Perihal adanya pencatatan saham ini diumumkan oleh Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna dalam acara “Seremoni Pencatatan Perdana Saham KOKA & LOPI” yang disiarkan secara virtual melalui kanal youtube Indonesia Stock Exchange pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Sebelum listing saham perdananya di BEI, LOPI telah melaksanakan masa penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) yang berlangsung dari 3 Oktober sampai dengan 9 Oktober 2023.

Dalam IPO tersebut, LOPI menetapkan harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar Rp100 per saham dengan melepas sebanyak 300.000.000 (tiga ratus juta) saham baru atau setara 27,27% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp25 per saham.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, LOPI berpotensi meraup dana segar dari IPO ini sebesar Rp30 miliar.

Rencananya seluruh dana IPO yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui penawaran umum perdana saham ini :

– Sekitar 60% (enam puluh persen) akan digunakan untuk modal kerja operasional

– Sekitar 9% (sembilan persen) akan digunakan untuk pembelian software Cargo Wise dan alat-alat teknologi untuk mendukung operasional dan penjualan serta mengintegrasikan sistem operasional perusahaan, keuangan, sales, marketing dan pengelolaan aset.

– Sekitar 31% (tiga puluh satu persen) akan digunakan untuk pembelian armada truk baru melalui dealer resmi Isuzu yang tidak ada hubungan afiliasi dengan Perseroan.

Adapun untuk mendukung proses IPO tersebut rupanya LOPI menunjuk PT Elit Sukses Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO/Initial Public Offering).