/Golden Energy Mines (GEMS) Optimis Produksi Batu Bara Capai 50 Juta Ton Tahun Ini

Golden Energy Mines (GEMS) Optimis Produksi Batu Bara Capai 50 Juta Ton Tahun Ini

Emiten batu bara Grup Sinarmas PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) menargetkan untuk memproduksi 50 juta ton batu bara pada tahun ini atau 2024.

Target produksi ini naik dibandingkan target produksi tahun 2023 lalu yang mencapai sebesar 40 juta ton.

Selain menargetkan kenaikan produksi batu bara di tahun ini, Corporate Secretary Golden Energy Mines Sudin juga menyebut GEMS juga menganggarkan belanja modal sebesar US$60 juta atau setara Rp942,3 miliar (kurs Jisdor Rp15.705 per dolar AS) untuk tahun ini.

Belanja modal atau capital expenditure (capex) GEMS ini naik secara signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar US$17-US$18 juta.

Adapun belanja modal tersebut rencananya akan digunakan GEMS untuk mendukung kinerja operasional di sepanjang tahun 2024.

GEMS optimis dapat mencapai target produksi tahun ini mengingat permintaan dan kebutuhan dunia akan batu bara masih besar. Dimana sekitar 60-70% pembangkit listrik di dunia masih menggunakan bahan bakar batu bara yang saat ini masih menjadi opsi paling murah dan tersedia.

Selain itu, GEMS juga optimis dapat mencapai target kinerja tersebut melihat harga batu bara pada kuartal IV/2023 yang diperkirakan meningkat dibandingkan dengan harga batu bara di kuartal III/2023. 

Menurutnya Sudin, datangnya musim dingin di negara 4 musim akan menjadi salah satu katalis bagi peningkatan permintaan dan kenaikan harga batu bara pada kuartal IV/2023.