/Melalui IPO, Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) Akan Lepas 15% Saham

Melalui IPO, Jayamas Medica Industri Tbk (OMED) Akan Lepas 15% Saham

PT Jayamas Medica Industri Tbk, calon emiten sektor alat kesehatan yang akan menggunakan kode saham OMED ini tengah memulai masa penawaran awal atau book building dengan periode penawaran yang berlangsung dalam sepekan tepatnya dari 6 Oktober hingga 12 Oktober 2022.

Dikutip dari laman e-IPO, Perseroan menetapkan harga penawaran sebesar Rp 204 sampai dengan Rp 310 per saham.

Dalam prospektus yang dirilis, Perseroan menawarkan sebanyak 4.058.850.000 (empat miliar lima puluh delapan juta delapan ratus lima puluh ribu) saham baru atau setara 15% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp 25 per saham.

Dengan harga yang ditawarkan, Perseroan memiliki potensi meraup dana segar dari IPO ini sebesar Rp 828 miliar sampai Rp 1,25 triliun.

OMED menunjuk PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT Ciptadana Sekuritas Asia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) saham ini.

Adapun jadwal sementara pelaksanaan IPO OMED adalah sebagai berikut :

– Perkiraan Tanggal Efektif : 21 Oktober 2022

– Masa Penawaran Umum : 25 – 27 Oktober 2022

– Perkiraan Tanggal Penjatahan pada 27 Oktober 2022

– Perkiraan Tanggal Distribusi saham secara elektronik pada 28 Oktober 2022

– Tanggal Pencatatan Saham di BEI : 31 Oktober 2022

Seluruh dana yang diperoleh dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi ini rencananya akan digunakan seluruhnya, dengan rincian sebagai berikut :

1. Sekitar 72,19% akan digunakan Perseroan untuk pengembangan usaha dalam bentuk belanja modal (Capital Expenditure) dan modal kerja (Working Capital).

2. Sekitar 22,87% akan diberikan kepada Perusahaan Anak, yaitu IHSG untuk belanja modal (Capital Expenditure) dan modal kerja (Working Capital).

3. Sekitar 4,94% akan diberikan kepada Perusahaan Anak, yaitu IHSG dalam bentuk setoran modal, kemudian IHSG akan memberikan kepada Perusahaan Anak, yaitu IMR dalam bentuk setoranmodal untuk belanja modal (Capital Expenditure) dan modal kerja (Working Capital).

Sekilas Informasi, Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Jayamas Medica Industri pada tanggal 15 Desember 2000 dan mulai beroperasi pada tahun 2002. Kegiatan usaha utama Perseroan adalah bergerak di bidang usaha manufaktur alat kesehatan, alat kesehatan elektromedik, alat diagnostik, antiseptik dan disinfektan, dan perbekalan kesehatan rumah tangga lainnya.