/Menthobi Karyatama Raya (MKTR) Alokasikan Sebagian Besar Dana IPO Rp375 M Untuk Ekspansi
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Menthobi Karyatama Raya (MKTR) Alokasikan Sebagian Besar Dana IPO Rp375 M Untuk Ekspansi

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kelapa sawit ini rencananya akan menggunakan mayoritas dana dari penawaran umum perdana saham atau Initial public offering (IPO) yang mencapai hingga Rp375 miliar tersebut untuk melakukan ekspansi melalui sejumlah entitas anak usaha.

Direktur Utama MKTR Harry M. Nadir menjelaskan bahwa mayoritas dana dengan porsi sebesar 95,01 persen dari hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha dan ekspansi.

Ekspansi yang dilakukan beberapa diantaranya adalah pembangunan fasilitas pengelolaan limbah menjadi pupuk melalui PT Menthobi Hijau Lestari (MHL), pembelian sarana transportasi dan alat berat melalui Menthobi Transtitian Raya (MTR), dan pembelian bibit sawit melalui PT Menthobi Agro Raya (MAR).

Selain itu, dana IPO tersebut juga akan digunakan untuk penyempurnaan pembangunan pabrik kelapa sawit seiring dengan meningkatnya produksi Tandan Buah Segar (TBS) dari MMAL maupun dari pihak ketiga. Adapun penyempurnaan yang dilakukan seperti maintenance, perbaikan stasiun utama, dan stasiun pendukung beserta sarana penunjangnya.

Berkenaan dengan pengadaan lahan, MKTR juga berencana melakukan pembebasan lahan perkebunan dan lahan tanaman baru seluas 1.200 hektar melalui PT Menthobi Makmur Lestari (MMAL). Melalui entitas anak usaha tersebut, MKTR juga akan membangun fasilitas water management untuk mendukung perluasan lahan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman e-IPO pada tanggal 24 Oktober 2022, MKTR akan melakukan IPO dengan melepas sebanyak 2,5 miliar lembar saham baru yang bernilai Rp10 per saham. Adapun untuk harga IPO berada pada rentang Rp100 hingga Rp150.

Berdasarkan data prospektus yang dirilis, calon emiten ini akan menawarkan saham setara 20,83 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh yang berlangsung dari 17 hingga 24 Oktober mendatang. IPO tersebut diperkirakan berpotensi meraup dana segar sebesar Rp250 miliar hingga Rp375 miliar.

Berikut perkiraan jadwal IPO Menthobi Karyatama (MKTR) :

– Perkiraan masa penawaran awal : 17 – 24 Oktober 2022

– Perkiraan tanggal efektif : 27 Oktober 2022

– Perkiraan masa penawaran umum : 28 Oktober – 2 November 2022

– Perkiraan tanggal penjatahan : 2 November 2022

– Perkiraan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) : 4 November 2022.

Sebagai informasi, PT Menthobi Karyatama Raya Tbk merupakan perusahaan yang berfokus pada pengelolaan hasil perkebunan. MKTR terus berkembang dan saat ini telah menjadi salah satu perusahaan dengan tata kelola terbaik dengan konsep integrasi antara hasil perkebunan, pengolahan dan pemanfaatan limbah dengan standart yang tinggi serta transport manajemen yang baik dengan konsep yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.