/Melalui Program CSR, SMBR Dukung Revitalisasi Jembatan Ogan di OKU
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Melalui Program CSR, SMBR Dukung Revitalisasi Jembatan Ogan di OKU

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang produksi semen dengan kode saham SMBR ini terus berupaya memberikan dukungan riil terhadap sektor pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan yang merupakan wilayah operasionalnya.

Salah satunya dengan memberikan bantuan revitalisasi Jembatan Ogan I di Pusat Kota Baturaja melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sumber : Kemendikbud RI

Pemberian bantuan diberikan langsung oleh Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Daconi Khotob kepada Sekda OKU Dr. H. Ahmad Tarmizi. Penyerahan bantuan ini bertepatan dengan peringatan HUT Semen Baturaja ke-48 Tahun yang jatuh pada Senin, 14 November 2022 lalu.

Daconi menjelaskan bahwa Jembatan Ogan I ini merupakan ikon penting dan bersejarah bagi Kota Baturaja yang juga menjadi logo pemerintah Kabupaten OKU yang melintas di atas Sungai Ogan.

Ikon penting yang bersejarah ini dibangun pada masa Kolonial Belanda dengan nama Brug Het BatoeRadja. Sehingga seiring bertambahnya usia jembatan, revitalisasi diperlukan sebagai upaya untuk menjaga struktur pondasi jembatan agar tetap kokoh.

Bantuan CSR ini bertujuan untuk membantu kemajuan daerah dan pemberdayaan sosial serta memberikan dukungan riil terhadap rencana penataan kawasan perkotaan Baturaja agar tetap sesuai dengan peraturan perundangan dan tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Program CSR menjadi bukti nyata perusahaan membangun strategi keberlanjutan bagi masyarakat dan pemerintahan dalam memberikan manfaat positif. Terutama di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan.

Selain itu untuk lingkungan dalam hal mengatasi persoalan sampah di daerah Baturaja, Perseroan juga menyerahkan bantuan dua unit motor sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU.

Sumber : ANTARA

Bantuan tersebut digunakan untuk memudahkan pengangkutan sampah rumah tangga yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan Dump Truck sampah, sehingga kebersihan lingkungan di wilayah Ogan Komering Ulu tetap terjaga.

Daconi mengungkapkan bahwa program CRS yang dijalankan tidak hanya memberikan bantuan. Namun juga ada kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama Rumah BUMN Baturaja untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat jual produk UMK dengan cara meningkatkan keterampilan masyarakat.

Adapun kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan yakni pembinaan UMK Naik Kelas dengan Pelatihan Roasting Coffee, Program Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal, Pelatihan Foto Produk, dan lain sebagainya.

Data Bursa Efek indonesia mencatatkan kinerja yang positif dari PT Semen Baturaja (Persero)  sepanjang tahun 2022. Terpantau sepanjang semester I 2022, SMBR telah membukukan laba bersih sebesar Rp15,77 miliar. Realisasi tersebut mengalami peningkatan sebesar 495% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp2,65 miliar.

Sebagai informasi, PT Semen Baturaja (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang industri semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Emiten produsen semen ini didirikan pada 14 November 1974 dengan kepemilikan saham sebesar 45% dimiliki oleh PT Semen Gresik dan PT Semen Padang sebesar 55%.