/Book Building Hari Ini, Cakra Buana Resources (CBRE) Tawarkan Harga IPO Rp100 – 110 Per Seham
Dok. Cakra Buana Resource
Dok. Cakra Buana Resource

Book Building Hari Ini, Cakra Buana Resources (CBRE) Tawarkan Harga IPO Rp100 – 110 Per Seham

PT Cakra Buana Resources Energi Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan laut ini berencana akan menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) yang diperkirakan dimulai pada 28 Desember 2022.

Untuk itu, calon emiten berkode saham CBRE ini tengah memulai masa penawaran awal atau book building dengan kisaran harga Rp100 hingga Rp110 yang berlangsung hari ini tepatnya 13 Desember sampai dengan 16 Desember 2022 mendatang.

Dalam prospektus yang dirilis, CBRE menawarkan sebanyak 738.000.000 (tujuh ratus tiga puluh delapan juta) lembar saham atau setara 16,26% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp25 per saham.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, Perseroan diperkirakan berpotensi meraup dana segar dari IPO sebesar Rp 73,8 miliar sampai dengan Rp 81,18 miliar.

CBRE menunjuk PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) saham ini.

Rencananya seluruh dana IPO yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui penawaran umum perdana saham ini, Sekitar 40% akan digunakan untuk belanja modal atau capex berupa penambahan satu set kapal Tug & Barge dengan ukuran 30 feet.

Sementara sisanya sekitar 60% akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional secara umum. Kegiatan operasional tersebut seperti pembelian bahan bakar kapal, sewa/charter kapal, serta biaya-biaya lainnya yang timbul untuk menunjang kegiatan operasional Perseroan.

Berikut perkiraan jadwal IPO Cakra Buana Resources Energi (CBRE) :

– Perkiraan masa penawaran awal : 13 – 16 Desember 2022

– Perkiraan tanggal efektif : 26 Desember 2022

– Perkiraan masa penawaran umum : 28 Desember 2022 – 3 Januari 2023

– Perkiraan tanggal penjatahan : 3 Januari 2023

– Perkiraan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) : 5 Januari 2023.

Sebagai informasi, PT Cakra Buana Resources Energi Tbk (CBRE) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan moda laut dalam negeri dan luar negeri dengan area operasi armada kapal di perairan indonesia.