/Cisadane Sawit (CSRA) Resmikan Pabrik Kelapa Sawit Keduanya Senilai Rp180 Miliar
Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit (Dok. Shutterstock)
Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit (Dok. Shutterstock)

Cisadane Sawit (CSRA) Resmikan Pabrik Kelapa Sawit Keduanya Senilai Rp180 Miliar

Emiten perkebunan kelapa sawit PT Cisadane Sawit Raya Tbk. (CSRA) telah meresmikan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit terbarunya yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada Sabtu, 29 Oktober 2023.

Peresmian pabrik kedua berkapasitas 45 ton per jam ini dilakukan bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun CSRA yang ke 40 tahun.

Mengutip keterbukaan informasi, pabrik senilai Rp180 miliar yang diresmikan tersebut terdiri dari pabrik kelapa sawit, kantor, gudang dan sarana distribusi di satu kawasan.

Adapun pembiayaan proyek pabrik kelapa sawit yang disebut PKS 2 ini berasal dari pendanaan internal CSRA.

Dikelola oleh entitas anak CSRA yakni PT Samukti Karya Lestari, PKS 2 saat ini telah menyelesaikan tahap uji coba operasional dan telah beroperasi penuh.

PKS 2 merupakan pabrik pengolahan kelapa sawit yang dibangun untuk melaksanakan suatu proses menghasilkan Minyak Sawit Mentah (CPO) dan Inti Sawit (PK) dari Tandan Buah Segar sawit (TBS). Proses tersebut meliputi proses merebus, menyaring, menekan, memisahkan, mengeringkan dan penyimpanan

Selain itu, PKS 2 juga akan menambah kapasitas produksi Perusahaan dari PKS yang sudah dimiliki sebelumnya di kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara yang dibangun pada tahun 2007 lalu.

Berdasarkan skala dan kapabilitasnya, Keberadaan PKS 2 dinilai akan mendorong dan mempercepat pertumbuhan bisnis sesuai rencana strategis perusahaan. Hal ini juga sejalan dengan kriteria yang ditetapkan dalam Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

ISPO merupakan standar keberlanjutan industri kelapa sawit di Indonesia yang harus dipatuhi oleh para pelaku usaha kelapa sawit agar sesuai dengan standar sosial dan lingkungan yang ketat.

Dalam kriteria ISPO dijelaskan bahwa perusahaan kelapa sawit meliputi kegiatan penanaman, produksi, pemrosesan dan perdagangan kelapa sawit.

PKS 2 merupakan bagian dari program pengembangan strategis bisnis berkelanjutan CSRA sebagai upaya untuk meningkatkan pengaruh CSRA dalam posisinya sebagai perusahaan kelapa sawit TBK di Indonesia.

Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategis CSRA Seman Sendjaja berharap keberadaan PKS 2 akan memperkokoh fondasi perusahaan untuk mendukung pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang.