/Kian Santang Muliatama (RGAS) Bukukan Laba Rp6,49 Miliar pada Tahun 2023
Dok. Kian Santang Muliatama
Dok. Kian Santang Muliatama

Kian Santang Muliatama (RGAS) Bukukan Laba Rp6,49 Miliar pada Tahun 2023

PT Kian Santang Muliatama Tbk. (RGAS) mencatatkan pertumbuhan laba tahun berjalan sebesar 3,4%, menjadi Rp6,49 miliar di sepanjang tahun 2023. 

Direktur Utama RGAS Edy Nurhamid Amin, menjelaskan bahwa pencapaian ini menjadi bukti dari komitmen yang teguh dan kerja keras seluruh tim, serta kesinambungan dalam menerapkan strategi bisnis yang telah ditetapkan.

Menurutnya, kinerja yang baik pada tahun 2023 ini akan menjadi fundamental yang sangat bagus bagi manajemen dalam mencapai target bisnis tahun 2024.

Kenaikan laba tersebut merupakan hasil dari berbagai faktor, salah satunya adalah penurunan beberapa beban perusahaan. Misalnya, beban pokok pendapatan ditekan sebesar 19,7%, sementara beban lainnya turun mencapai 53,4%.

Meskipun demikian, RGAS juga mengalami penurunan pendapatan sebesar 2,45%, menjadi Rp64,4 miliar. Penurunan ini terutama disebabkan oleh penurunan pendapatan dari barang dagang sebesar 12,54% dibandingkan pendapatan di tahun sebelumnya.

Liabilitas perusahaan turun drastis sebesar 44,6% menjadi Rp4,78 miliar, Sedangkan aset mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 67,4% menjadi Rp90,2 miliar.

Selain mencatatkan kinerja yang cukup positif, RGAS juga rupanya memenangkan beberapa proyek penting di sepanjang tahun tersebut.

Proyek-proyek ini termasuk pengadaan Konverter Kit Ergas ECK-300, Ultrasonic Gas Flow, Metering Regulating Station, serta proyek-proyek EPC di beberapa daerah, seperti Palembang, Jabung, dan Cilamaya.

Proyek-proyek ini tidak hanya memberikan kontribusi finansial yang positif, melainkan juga memperkuat posisi RGAS di pasar industri gas.

Proyek tersebut didapat dari beberapa perusahaan besar, seperti PT. Pertamina, PT. Perusahaan Gas Negara Tbk, PT. PLN, PT. Surya Energi Parahita, PT. Transportasi Gas Indonesia, dan PT. Pertamina Gas

Edy Nurhamid Amin menegaskan bahwa kinerja positif RGAS pada 2023 akan menjadi landasan yang kuat bagi manajemen dalam mencapai target bisnis yang lebih ambisius pada tahun 2024.

Dengan terus menjaga dedikasi dan konsistensi dalam menjalankan strategi bisnis yang telah terbukti. RGAS optimis untuk terus berkembang dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

Dengan melihat pencapaian yang luar biasa pada tahun sebelumnya, RGAS berkomitmen untuk terus menjadi pemimpin di industri gas dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan serta kontribusi yang berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi negara