/Lovina Beach Brewery (STRK) Resmi Listing Perdana di BEI

Lovina Beach Brewery (STRK) Resmi Listing Perdana di BEI

PT Lovina Beach Brewery Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman bermerk Stark Craft Beer ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini tepatnya Selasa, 10 Oktober 2023.

Lovina Beach Brewery mencatatkan (listing) perdana sahamnya di papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham STRK dan menjadi perusahaan tercatat ke – 71 di BEI pada tahun ini atau 2023.

Perihal adanya pencatatan saham ini diumumkan oleh Direktur PT Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna dalam acara “Seremoni Pencatatan Perdana Saham STRK” yang disiarkan secara virtual melalui kanal youtube Indonesia Stock Exchange pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Sebelum listing saham perdananya di BEI, STRK telah melaksanakan masa penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) yang berlangsung dari 3 Oktober sampai dengan 6 Oktober 2023.

Dalam IPO tersebut, STRK menetapkan harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar Rp100 per saham dengan melepas sebanyak 1.180.000.000 (satu miliar seratus delapan puluh juta) saham baru atau setara 11,01% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp12 per saham.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, STRK berhasil meraup dana segar dari IPO ini hingga sebesar Rp118 miliar.       

Rencananya seluruh dana IPO yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan saham yang ditawarkan melalui penawaran umum perdana saham ini :

– Sekitar 54,73% (lima puluh empat koma tujuh tiga persen) akan digunakan dalam bentuk penyetoran modal kepada Anak Perusahaan PT Lovina Industri Sukses.

– Sedangkan sisanya akan digunakan perusahaan untuk modal kerja seperti biaya program marketing untuk meningkatkan brand awareness (seperti biaya event, merchandise, sponsorship, dan social media), biaya distribusi, biaya pemeliharaan kendaraan, gaji karyawan dan lain-lain.

Adapun untuk mendukung proses IPO tersebut rupanya STRK menunjuk PT Artha Sekuritas Indonesia Sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek Penawaran Umum Perdana (IPO/Initial Public Offering).

Pada perdagangan saham perdananya, hasil pemantauan InfoBEI.com melaporkan saham berkode STRK ini dibuka naik 35 poin atau sebesar 35 persen ke posisi Rp135 per saham dari harga penawaran perdana sebesar Rp100 per saham.