/UNTR Bidik Penjualan Komatsu Capai 4.500 Unit di Sepanjang Tahun Ini
Dok. United Tractors
Dok. United Tractors

UNTR Bidik Penjualan Komatsu Capai 4.500 Unit di Sepanjang Tahun Ini

Emiten tambang dan alat berat Grup Astra PT United Tractors Tbk. (UNTR) menargetkan penjualan alat berat merek Komatsu menjadi 4.500 unit di sepanjang tahun 2024.

Target penjualan alat berat merek Komatsu ini tercatat mengalami peningkatan dari target penjualan sebelumnya yang hanya di angka 4.000 unit.

Corporate Secretary United Tractors Sara K. Loebis mengakui penjualan unit Komatsu per Juli 2024 memang menurun cukup signifikan hingga 29% secara tahunan menjadi 2.515 unit dibandingkan penjualan yang diraihnya pada periode yang sama tahun lalu.

Namun melihat perkembangan kondisi demand di pertambangan tidak terlalu buruk, UNTR optimis merevisi target tersebut sedikit lebih tinggi.

Sehingga, UNTR yang mulanya menargetkan penjualan sebesar 4.000 unit alat berat kini menaikkan target tersebut menjadi 4.500 unit di tahun 2024.

Hingga Juli 2024, UNTR telah menjual sebanyak 2.515 unit Komatsu ke berbagai sektor, dimana sebanyak 63% alat berat diantaranya telah dijual untuk sektor pertambangan, 14% untuk sektor perkebunan, 13% untuk sektor konstruksi, dan 10% untuk sektor kehutanan.

Direktur Utama UNTR Frans Kesuma memprediksi adanya perlambatan penjualan alat berat pada tahun 2024, terutama yang berasal dari sektor komoditas.

Meski demikian, Frans memperkirakan penjualan alat berat dari sektor konstruksi akan turut menyeimbangkan penurunan tersebut.

Dengan adanya perlambatan penjualan alat berat di tahun 2024, Frans berharap akan terjadi keseimbangan pada penjualan alat berat di tahun 2025 dengan penambahan penjualan dari sektor non-komoditas.